Sejumlah pemilik tiket Mandala Airlines antre untuk mendapatkan pengembalian uang tiket di Kantor Pusat Mandala Airlines, Jakarta, (13/1). TEMPO/Seto Wardhana
TEMPO Interaktif, Jakarta -Ratusan calon penumpang Mandala Airlines mendatangi kantor pusat PT. Mandala Airlines di Jalan Tomang Raya Nomor 33, Jakarta Barat. Mereka datang untuk menukarkan tiket penerbangan yang telah dibeli beberapa hari sebelum Mandala menyatakan diri menutup operasi penerbangannya Kamis, 13 Januari 2011.Kesulitan keuangan menjadi alasan maskapai penerbangan Mandala Airlines menghentikan operasi mulai hari ini. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Herry Bhakti Singoyuda Gumay mengatakan penghentian operasi terkait restrukturisasi yang akan dilakukan perusahaan.
Dari pantauan Tempo, sejumlah aparat kepolisian dari Polsek Metro Tanjung Duren tampak berjaga-jaga di kantor pusat Mandala itu. "20 personel diterjunkan untuk pengamanan," kata Aipda Mardianto di lokasi, Kamis (13/1).
Menurut Mardianto, aparat akan melakukan pengamanan di kantor pusat Mandala hingga masa pemberitahuan untuk pengembalian tiket usai. "Masa pemberitahuan ini sampai tujuh hari ke depan," ujarnya.
Kata Mardianto, para calon penumpang Mandala telah memadati lokasi sejak pukul 08.00. Seluruh calon penumpang yang hendak menukarkan tiketnya sudah berdatangan dan dilayani di lobi kantor. "Mereka bilang uang akan ditransfer paling lambat tujuh hari kerja," kata Irwan Khoue, salah satu calon penumpang yang telah membeli tiket pulang-pergi ke Hongkong senilai Rp 9 juta.
Irwan menyayangkan tidak adanya pemberitahuan lebih awal pada konsumen. "Tanggal kepergian saya seharusnya 12 Maret mendatang, sekarang jadi harus cari tiket lain."
PINGIT ARIA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar